Apa itu Abstrak? Simak Pengertian, Jenis, Fungsi dan Pembuatan Abstrak

  • Bagikan
abstrak adalah

Apa itu Pengertian Abstrak?

Kata “abstrak” mengacu pada deskripsi singkat dan rinci dari seluruh isi teks. Abstrak biasanya menangkap sifat diskusi dokumen. Dalam penulisan abstrak, tidak ada tambahan arti, pandangan, atau tafsir lainnya.

Artikel ilmiah juga mengandung abstrak. Dalam kasus tertentu, abstrak muncul di awal bagian sebelum bab pertama karya ilmiah atau dokumen. Abstrak bermaksud untuk menjelaskan seluruh substansi konseptual dari sebuah ide secara tertulis.

Laporan keuangan suatu perusahaan, secara umum, memiliki pengantar di awal makalah. Abstrak laporan keuangan ini mencakup ikhtisar hasil perusahaan selama periode waktu tertentu dan metode yang mereka perkenalkan.

“Ikhtisar (karangan, laporan, dan sebagainya); ringkasan; inti”

Kamus Besar Bahasa Indonesia

“Ringkasan suatu pernyataan, laporan, karangan, dan sebagainya yang disusun secara sistematis dan menyeluruh (abstract).”

Otoritas Jasa Keuangan

Jenis-jenis Abstrak

  • Abstrak yang berwawasan luas (Abstrak Informatif). Abstrak yang secara ringkas menggambarkan keseluruhan detail dan didukung oleh bukti kuat. Singkatnya, abstrak berwawasan adalah versi sederhana dari semua pengetahuan artikel ilmiah.
  • Abstrak dengan petunjuk Sifat diskusi tertulis dari masalah disajikan (Abstrak Indikatif). Abstrak ini bertujuan untuk menarik minat pembaca dalam menemukan pengetahuan dalam teks. Sebagai konsekuensinya, pembaca dapat memilih untuk membaca keseluruhan postingan atau tidak.

Fungsi Abstrak

  • Sebagai bagian penting dari proyek penelitian.
  • Sebagai definisi umum tentang sifat suatu karya ilmiah.
  • Sebagai bahan pertimbangan pembaca untuk membaca keseluruhan tulisan.

Pembuatan Abstrak

Abstrak yang kuat disusun berdasarkan fakta secara sistematis dan menyeluruh. Teknik atau metode penyelesaian yang diterapkan dimulai dari konteks atau situasi yang ada sebelumnya.

Akhirnya, abstrak harus mencakup temuan dan kesimpulan yang bisa ditarik dari keseluruhan proses. Masing-masing bagian ini didefinisikan secara memadai dalam satu paragraf.

Abstrak yang ditulis dalam dua bahasa ini harus diinterpretasikan dan digunakan oleh masyarakat dari negaranya sendiri yaitu dengan menggunakan bahasa aslinya dan bahasa Inggris. Abstrak itu sendiri terdiri dari sekitar 150-250 kata.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *