Harga Vaksin Sterilisasi Kucing Terbaru 2021 Mulai Rp50ribuan

  • Bagikan
harga sterelisasi kucing

Sterilisasi adalah salah satu strategi yang dapat digunakan pemilik kucing untuk menjaga populasi hewan peliharaan mereka. Saat kucing berusia sekitar tujuh bulan, prosedur sterilisasi umumnya dilakukan. Pemilik kucing harus merogoh kocek ratusan ribu rupiah untuk setiap kucing menjalani sterilisasi.

harga sterilisasi kucing

Sterilisasi Kucing adalah topik yang diminati banyak orang untuk dipelajari lebih lanjut

Sterilisasi pada kucing, baik kucing betina maupun jantan, merupakan proses penghilangan organ reproduksi. Kata steril lebih cocok untuk kucing betina. Kucing jantan, di sisi lain, lebih sering disebut sebagai “dikebiri.”

Dokter hewan profesional atau berpengalaman umumnya melakukan prosedur sterilisasi kucing ini. Sebelum kucing dikebiri, kucing akan dibius agar tidak merasakan sakit. Kucing biasanya koma setelah prosedur sterilisasi selesai, dan ia harus memulihkan diri sebelum kembali ke aktivitas rutinnya.

Sterilisasi kucing ini sangat penting bagi pemilik yang ragu memelihara kucing dalam jumlah besar dan khawatir akan penyebaran penyakit menular dari hewan tersebut.

Menurut situs resmi Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Bogor, rata-rata jumlah anak kucing yang lahir per kucing adalah 4,6. Seekor kucing diklaim mampu menghasilkan lebih dari 100 anak kucing sepanjang hidupnya.

Sementara itu, karena kucing jantan yang belum dikebiri lebih suka menjelajahi daerah di luar rumah, mereka lebih mungkin terluka atau tertular penyakit dari kucing liar lainnya.

Selain itu, mensterilkan kucing dapat membantu pemiliknya menjadi rileks dengan mengurangi dorongan kucing untuk berkelahi dan kecemasan selama musim kawin. Pengebirian juga mengurangi kemungkinan dompet pemiliknya ambruk karena biaya pengobatan dan makan kucing.

Selain itu, sterilisasi sebelum usia enam bulan meminimalkan kejadian kanker organ reproduksi pada kucing jantan dan betina.

harga sterelisasi kucing

Ada kepercayaan bahwa sterilisasi menyebabkan kucing menjadi gemuk karena membuat mereka betah di dalam rumah. Menurut bukti ilmiah, bukan sterilisasi yang menyebabkan kucing menjadi gemuk, melainkan gaya hidup kucing yang kebanyakan makan dan tidur. Untuk menghindari hal ini, pemilik harus menyeimbangkan pasokan makanan dengan energi yang dikonsumsi dengan mengatur pola makan dan aktivitas kucing dengan membiarkan mereka bermain.

Sementara itu, menanggapi anggapan bahwa mengebiri hewan itu kejam, Anda harus menggarisbawahi bahwa hewan seperti kucing tidak membutuhkan identitas seksual atau tanggung jawab moral seperti halnya manusia. Naluri keibuan hewan biasanya merupakan hasil dari faktor hormonal. Jadi, mengebiri kucing tidak berarti bahwa haknya untuk hidup telah ‘dikebiri’.

Sterilisasi pada Kucing Memiliki Beberapa Keuntungan

  • Meningkatkan umur kucing dua hingga tiga tahun.
  • Berguna untuk mengurangi kejadian keganasan rahim dan reproduksi pada kucing dan kemungkinan kematian setelah melahirkan.
  • Mengurangi agresi kucing dan kemungkinan digigit.
  • Mencegah kucing berkembang biak tanpa batas.
  • Wabah rabies dan penyebaran penyakit menular lainnya harus dihindari.
  • Itu membuat kucing betina lebih sulit meninggalkan rumah untuk menarik perhatian pejantan untuk tujuan kawin.
  • Buat kucing Anda lebih kenyang dari sebelumnya dengan memperhatikan nutrisinya.
  • Itu membuat kucing lebih tenang, lebih manja, lebih mudah ditangani, dan lebih nyaman.

Jika pemilik kucing ingin mensterilkan kucingnya, mereka harus terlebih dahulu berbicara dengan dokter hewan untuk menentukan apa yang harus dilakukan dan apa yang harus dihindari. Selanjutnya, Anda dapat mengikuti atau bergabung dengan forum atau grup yang memberikan informasi tentang sterilisasi dan perawatan kucing.

Kucing jantan dan betina umumnya dapat disterilisasi sebelum memasuki fase reproduksi sebagai kucing dewasa antara usia 6 bulan dan 8 minggu. Tidak ada bedanya apakah pemiliknya mulai mengebiri kucing mereka setelah hewan itu melahirkan.

harga vaksin kucing

Biaya Sterilisasi Kucing Oktober 2021

Jenis Hewan Biaya Sterilisasi (Rp)
Kucing Jantan Lokal 215.000
Kucing Betina Lokal 295.000
Kucing Betina Lokal Hamil 395.000
Kucing Jantan Ras 315.000
Kucing Betina Ras 395.000
Kucing Betina Ras Hamil 495.000
Tambahan Band Aid Kucing Betina 50.000
Tambahan Pain Killer 50.000

Anda harus menyadari bahwa tingkat sterilisasi kucing berikut ini tidak tetap dan dapat berubah sewaktu-waktu. Misalnya, biaya sterilisasi kucing pada tahun 2020 berkisar antara Rp. 300.000 sampai Rp. 1,5 juta, tergantung jenis kucingnya.

Di tempat-tempat tertentu, layanan sterilisasi kucing gratis ditawarkan oleh Puskesmas. Misalnya, Puskesmas Ragunan di Jakarta Selatan menawarkan program sterilisasi kucing gratis dua kali setahun, umumnya antara Februari dan Juli. Pemilik hanya perlu memberikan kartu identitas untuk mengikuti program ini, dan Anda dapat menggunakan setiap kartu identitas untuk mendaftarkan dua kucing.

Syarat Melakukan Sterilisasi pada Kucing

  1. Kucing betina dan jantan harus berusia minimal 6 bulan.
  2. Kucing dalam keadaan baik.
  3. Kucing betina tidak mengharapkan anak.
  4. Pemilik kucing menandatangani surat izin operasional.

Lamanya waktu yang dibutuhkan untuk mensterilkan kucing ditentukan oleh jenis kelaminnya. Kucing jantan memiliki prosedur yang lebih singkat, yang biasanya memakan waktu sekitar 30 menit. Perawatan sterilisasi untuk kucing betina, di sisi lain, mungkin memakan waktu hingga 60 menit karena lebih canggih daripada kucing jantan.

Kucing membutuhkan waktu pemulihan setelah operasi sebelum mereka dapat melanjutkan aktivitas mereka yang biasa. Proses perbaikan biasanya lebih cepat pada kucing jantan daripada pada kucing betina. Kucing betina harus dipelihara setidaknya selama tiga sampai tujuh hari setelah operasi untuk memastikan bekas lukanya benar-benar sembuh. Kucing jantan dapat memulihkan diri dan berkeliaran sehari setelah operasi.

Anda dapat menghubungi dokter hewan atau fasilitas dokter hewan setempat di daerah Anda untuk mensterilkan kucing Anda. Biaya menggunakan prosedur ini secara umum bervariasi.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *