Top! 5 Jenis Behel dan Harga Pasang Behelnya di Dokter Gigi Terdekat

pasang behel gigi

Setiap orang ingin memiliki gigi putih seperti mutiara yang bebas dari noda dan perubahan warna. Sayangnya, tidak semua orang dilahirkan dengan gigi yang putih dan rapi sempurna.

Obat-obatan yang dikonsumsi ibu kita sejak mereka dalam kandungan hingga gaya hidup mereka memiliki dampak yang signifikan pada gigi kita, seperti yang ditemukan oleh para peneliti. Gigi bengkok, gigi sedikit ke depan, dan ketidakteraturan lainnya dalam susunan gigi adalah bagian dari kondisi yang kurang baik dan kurang enak dipandang.

Ketika Anda memikirkan kawat gigi ortodontik , Anda mungkin membayangkan sebuah mulut penuh dengan kawat gigi dan kawat logam yang tidak sedap dipandang (dan terkadang menyakitkan). Lagi pula, memasang kawat gigi bukanlah pengalaman yang diinginkan sebagian besar dari kita. Mereka menciptakan senyum yang indah tetapi mencapai titik itu tidak selalu mudah.

Banyak orang masih mendapatkan kawat gigi logam tradisional tetapi, pada tahun 2020, ada banyak pilihan lain di luar sana juga, tergantung pada kebutuhan ortodontik dan anggaran Anda. Berikut adalah lima jenis kawat gigi paling populer yang saat ini ada di pasaran:

5 Jenis Kawat Gigi atau Behel yang wajib anda Ketahui

1. Kawat Gigi atau Behel logam yang umum ada di pasaran

behel metal kawat gigi logam

Kawat gigi logam atau tradisional adalah jenis kawat gigi yang paling umum di seluruh dunia dan telah ada selama lebih dari 100 tahun sekarang. Di masa lalu, kawat gigi sangat besar dan mencolok. Untungnya, kawat gigi hari ini tidak seperti 100 tahun yang lalu. Kemajuan dalam inovasi dan teknologi telah membuat kawat gigi:

  • Lebih kecil
  • Lebih cepat
  • Lebih nyaman
  • Lebih efektif

Kawat gigi logam paling populer di kalangan pasien anak-anak dan remaja. Mereka bekerja dengan menerapkan kawat gigi ke gigi dan menghubungkannya dengan kawat. Kawat diikat ke kawat gigi menggunakan ikatan elastis, yang tersedia dalam berbagai warna untuk dipilih. Untuk memindahkan gigi, ortodontis membuat penyesuaian pada kawat di janji Anda setiap 4-8 minggu.

Tidak seperti aligner bening seperti Invisalign yang bisa dilepas, beberapa orang tua dan pasien menyukai kawat gigi logam karena mereka tidak perlu mengingatkan anak mereka untuk memakainya. Namun, kawat gigi logam memerlukan perawatan dan perhatian dan kebersihan mulut yang baik adalah suatu keharusan selama perawatan.

Kawat gigi yang tidak bisa dilepas. Setiap gigi dilengkapi dengan kotak yang dihubungkan dengan kabel yang menghubungkannya ke gigi lainnya. Bentuk perawatan ortodontik yang paling umum adalah yang satu ini. Beberapa gigi dapat diluruskan secara bersamaan menggunakan kawat gigi ini, atau dapat digunakan sebagai tindakan pencegahan.

Karena konstruksi logamnya, kebanyakan orang dapat dengan mudah mendeteksi kawat gigi yang dimaksudkan untuk permanen. Anda bahkan dapat memilih kabel yang terlihat bagus yang terbuat dari keramik atau plastik transparan untuk mendapatkan uang tambahan.

2. Kawat Gigi Keramik yang transparan

kawat gigi keramik

Kawat gigi keramik adalah kawat gigi transparan berwarna gigi. Mereka berfungsi mirip dengan kawat gigi logam tetapi lebih halus dan kurang terlihat. Kawat gigi keramik paling populer di kalangan individu yang tidak percaya bahwa kawat gigi Invisalign atau lingual cocok untuk mereka tetapi masih ingin meluruskan gigi mereka dengan hati-hati dan hemat biaya. Ini sering kali adalah remaja dan orang dewasa yang didorong oleh estetika.

Kelebihan

  • Penampilan : Kawat gigi keramik jauh lebih tidak terlihat daripada kawat gigi tradisional.
  • Kecepatan: Kawat gigi keramik dapat menangani hampir semua masalah ketidaksejajaran dalam waktu singkat.

Kekurangan

  • Pewarnaan: Jika tidak dirawat dengan benar, kawat gigi keramik bisa ternoda.
  • Biaya: Kawat gigi keramik lebih mahal daripada kawat gigi tradisional.
  • Ketidaknyamanan: Beberapa pasien melaporkan merasa tidak nyaman saat memakai kawat gigi keramik. Kadang-kadang, braket bisa patah atau menjadi terlalu panjang, menusuk gusi atau jaringan pipi pasien.

Kawat gigi keramik kurang terlihat dari logam dan memberikan alternatif yang ekonomis untuk kawat gigi logam. Namun, Anda harus menyadari bahwa kawat gigi ini lebih luas daripada kawat gigi logam dan dapat berubah warna tergantung pada diet dan kebiasaan menyikat gigi Anda. Mereka bukan untuk semua orang, tetapi kami merasa mereka masih merupakan elemen penting dalam kotak peralatan ortodontik kami.

3. Kawat Gigi / Behel dengan Self-Ligating Loop

harga kawat gigi

Kawat gigi self-ligating, tersedia dalam bahan logam atau bening/keramik, fungsinya mirip dengan kawat gigi logam dan keramik. Mereka juga membutuhkan kawat gigi dan kawat untuk memposisikan ulang gigi mereka. Perbedaan antara kawat gigi self-ligating dan kawat gigi logam atau keramik adalah bahwa kawat gigi self-ligating menggunakan pintu atau klip untuk menahan kawat di tempatnya daripada ikatan karet elastis.

Karena penyesuaiannya yang sederhana, kawat gigi self-ligating menghasilkan waktu kunjungan yang lebih singkat. Sehingga, Behel ini adalah pilihan yang sangat baik untuk:

  • Pasien yang lebih sensitif terhadap rasa sakit
  • Pasien yang tidak bisa duduk diam di kursi dokter gigi untuk waktu yang lama
  • Pasien dengan keterlambatan perkembangan dan kebutuhan ortodontik

4. Kawat Gigi lingual yang diletakan di bagian dalam dibalik gigi

behel

Kawat gigi lingual adalah sistem ortodontik yang paling khusus dan tidak umum di pasaran. Hal ini karena mereka membutuhkan seperangkat kemampuan ortodontik yang unik sehingga hanya sedikit ahli ortodontik yang mencurahkan waktu untuk mengembangkannya.

Behel lingual di belakang gigi tidak diajarkan selama pelatihan ortodontik. Jadi terserah pada ortodontis untuk mempelajari cara menggunakannya.

Umumnya bahwa kawat gigi lingual di bawah gigi harus tersedia untuk semua pasien yang memenuhi syarat karena memberikan manfaat yang tidak diberikan oleh kawat gigi bentuk lain.

Manfaat ini termasuk tembus pandang total, kustomisasi lengkap gigi unik Anda, dan peningkatan efisiensi dan fleksibilitas pada beberapa pasien.

Kawat gigi lingual di bawah gigi ideal bagi mereka yang tidak ingin kawat gigi terlihat namun memiliki persyaratan ortodontik yang rumit.

Kawat gigi di belakang gigi juga menjadi lebih populer di kalangan anak muda yang peduli terbadap penampilan.

Sementara kawat gigi lingual memberikan beberapa manfaat, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum membuat keputusan! Karena kawat gigi lingual dipakai di bawah gigi, beberapa pasien melaporkan perubahan kecil dalam bicara mereka (biasanya cadel) dan ketidaknyamanan lidah.

Gejala-gejala ini biasanya muncul segera setelah kawat gigi dipasang dan menghilang beberapa minggu kemudian saat mulut Anda menyesuaikan diri dengan peralatan baru.

Kelebihan

  • Penampilan : Kawat gigi lingual tidak terlihat saat tersenyum.
  • Kecepatan: Jika kawat gigi lingual tepat untuk kasus Anda, itu bisa cepat.

Kekurangan

  • Biaya: Kawat gigi lingual lebih mahal daripada kawat gigi tradisional dan keramik.
  • Ketidaknyamanan: Beberapa pasien melaporkan merasa tidak nyaman saat memakai kawat gigi lingual karena posisi mereka. Kawat gigi lingual memiliki lebih banyak kontak dengan jaringan lunak mulut daripada kawat gigi tradisional atau keramik.

5. Aligner Invisalign dan Clear

Penambahan terbaru (dan sangat populer) ke dunia kawat gigi tidak terlihat seperti kawat gigi sama sekali. Dalam lima belas tahun terakhir, Invisalign telah memojokkan pasar ortodontik dengan menawarkan retainer pop-on bening yang meluruskan gigi tanpa braket, pita, atau kawat. Invisalign menggunakan serangkaian (18 hingga 50) baki plastik semata untuk memandu gigi yang tidak sejajar ke posisi yang tepat.

Pasien yang memilih Invisalign harus memakai baki sesering mungkin untuk melihat hasil terbaik, tetapi untungnya bagi mereka, baki transparan dan cukup nyaman sehingga tidak terlalu merepotkan. Anda harus mengeluarkannya saat makan atau minum cairan berwarna gelap untuk mencegah pewarnaan.

kelebihan

  • Penampilan : Invisalign praktis tidak terlihat.
  • Bebas logam: Seluruh proses hanya menggunakan baki plastik tipis yang tidak akan menusuk atau menggores gusi Anda.

Kontra

  • Pewarnaan: Jika tidak dirawat dengan benar, baki Invisalign dapat ternoda atau rusak.
  • Biaya: Invisalign biasanya lebih mahal daripada kawat gigi tradisional.
  • Efektivitas: Invisalign tidak berfungsi sebaik kawat gigi tradisional dalam kasus tertentu. Bicaralah dengan dokter gigi Anda untuk mengetahui apakah Invisalign tepat untuk Anda.

 

Penjelasan singkat mengenai Behel

Anda dapat menghubungkan kawat ini ke beberapa gigi dan menutupi langit-langit mulut Anda dengan itu. Kawat jenis ini sering digunakan untuk memperbaiki masalah kecil, seperti gigi yang tidak sejajar. Kawat yang dapat dilepas sering dilepas saat berpartisipasi dalam olahraga tertentu, menyikat gigi, atau membersihkan mulut.

Kawat gigi yang berfungsi. Gigi atas dan bawah dilengkapi dengan sepasang kabel plastik yang dapat dilepas dan diganti. Dalam kasus ketika rahang atas atau bawah tidak sejajar dengan gigi atas atau bawah, Anda dapat menggunakan jenis ini. Untuk keuntungan terbaik, alat ini harus digunakan dan hanya dibawa keluar untuk makan dan membersihkan.

Menggunakan pengait yang terpasang pada kawat gigi, tutup kepala menarik gigi depan ke tempatnya. Saat menggunakan headset, pengguna tidak bisa makan atau minum apa pun. Tidur atau beberapa jam di malam hari adalah saat teknik ini paling sering digunakan.

Retainer jenis ini sering digunakan untuk penyelesaian terapi ortodontik. Retainer menjaga gigi, gusi, dan tulang di tempat barunya dan mencegahnya kembali ke posisi semula. Anda memiliki opsi untuk membuat alat ini permanen atau dapat dilepas. Retainer mungkin diperlukan pada waktu yang berbeda dalam sehari karena lokasi gigi berubah secara alami dari waktu ke waktu.

Kawat tak terlihat adalah kawat lingual yang tersembunyi di balik gigi dan tidak dapat dilihat dari luar. Biaya kawat ini lebih tinggi daripada varietas lain.

Untuk memasang kawat gigi pada gigi, pasien harus melalui tahapan sebagai berikut:

  • Dokter gigi akan memeriksa gigi pasien dan menentukan apakah mereka memerlukan kawat gigi atau tidak.
  • Scaling adalah menghilangkan karang gigi dari gigi untuk meningkatkan kebersihan mulut.
  • Hal-hal seperti sinar-X dan cetakan gigi dapat menghambat terapi kawat gigi. Anda akan memberikan model gigi yang dibuat dari bahan cetak kepada pasien sebagai panduan perawatan dan informasi tentang keadaan asli gigi.
  • Prosedur ini melibatkan pencabutan dan penambalan gigi untuk memastikan bahwa pemasangan behel memberikan hasil terbaik. Namun, Anda harus memenuhi beberapa persyaratan terlebih dahulu.
  • Pemasangan behel mungkin memakan waktu mulai dari satu hingga dua jam, tergantung pada kerumitan pekerjaan.
  • Setiap pasien yang memakai kawat gigi harus menjalani pemeriksaan bulanan untuk memastikan kawat gigi berfungsi dengan baik. Dokter umumnya akan memeriksa gigi dan mengganti karet behel pada pemeriksaan ini.

Lalu, berapa biaya memasang kawat gigi? Harga behel berbeda-beda tergantung jenis bahan yang digunakan, model behel yang digunakan, dan kebijakan masing-masing dokter. Anda dapat memasang kawat gigi di berbagai klinik dan rumah sakit gigi di Indonesia.

Daftar Harga/Biaya Pasang Behel Gigi

Nama Klinik/Rumah Sakit Harga Pasang Behel Gigi (Rp)
KLINIKITA Kertajaya, Surabaya 8 juta – 15 juta
KLINIKITA Semarang Layanan Paket Pelajar: 4.000.000
Layanan Paket Mahasiswa: 4.500.000
Global Estetik Metal Classic Braces: 6.000.000
Metal Mini Comfort USA Braces: 8.400.000
Ceramic Invisible Braces: 7.500.000
Bracket Safir: 8.000.000
Bracket Damon Metal: 12.000.000
Bracket Damon Ceramic: 17.000.000
Empower Metal American Ortho: 11.000.000
Empower Ceramic: 9.000.000
Invisalign: 60.000.000
Estetiklign: 25.000.000
Audy Dental Ortho Classic: 8.500.000
Praxis Mini: 9.500.000
Comfort Mini: 8.500.000 – 9.500.000
GAC Dentsply: 9.500.000 – 10.500.000
Pure Sapphire: 14.500.000
Inspire Ice: 16.500.000
In-Ovation C: 18.500.000 – 19.500.000
In-Ovation R: 17.500.000 – 18.500.000
Damon Clear: 34.500.000
Damon Metal: 25.500.000
Heimaz Braces: 15.500.000 – 16.500.000
MTM Braces: 17.500.000 – 18.500.00
Incognito Braces: USD 7000
Clippy Lingual Braces: 36.500.000
Mini Master American Ortho: 10.500.000
Mini Diamond 3M: 11.500.000
Invisalign: 65.000.000 – 75.000.000
Rafi & Emil Dental Care Metal Ortho (China): 1.200.000
Metal Ortho (USA): 1.500.000
Metal Ortho (Jerman): 1.700.000
Transparan Class One: 2.000.000
Spesialis Behel Semarang (Jl. Brigjen Sudiarto) Metal: 5.000.000 – 8.000.000
Estetik: 10.000.000 – 15.000.000
Self Lighting: 10.000.000 – 13.000.000
Damon Metal: 13.000.000
Damon Metal Quantum: 15.000.000
Damon Estetik: 20.000.000
Siloam Hospitals Bogor 7.500.000
RS Permata Bekasi 10.500.000

Beberapa klinik dan rumah sakit melihat penyesuaian harga untuk kawat gigi pada tahun 2021 dibandingkan tahun sebelumnya. Sekarang harganya antara Rp. 8 juta dan Rp. 15 juta untuk memasang kawat gigi di KLINIKITA Kertajaya, Surabaya, pada tahun 2022. Dulu kawat gigi dibandrol dengan harga sekitar Rp. 3,5 juta di Indonesia.

Seperti KLINIKITA Kertajaya di Surabaya, Global Aesthetics melihat harga Empower Metal American Ortho naik dari Rp 7 juta menjadi Rp 11 juta. Dari Rp 50 juta menjadi Rp 60 juta, biaya Invisalign juga naik. Selain itu, Siloam Hospitals Bogor telah mengalami kenaikan 50% dalam harga pemasangan kawat gigi. Saya mengambil daftar harga atau biaya memasang kawat gigi di atas langsung dari situs web. Harga dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya, dan daftar harga tidak mengikat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *