Harga Coklat Batangan di pasaran dari Beragam Merk & Kemasan 2021

  • Bagikan
harga coklat batangan

Cokelat adalah kelezatan yang tidak bisa ditolak siapa pun. Inilah salah satu kuliner yang diminati banyak orang, baik remaja, dewasa, orang tua, hingga lansia.

Cokelat tersedia di toko dan disajikan pada beberapa menu seperti es krim, kopi, dan makanan ringan.

Harga cokelat batangan periode Oktober 2021 ini bervariasi tergantung merek dan ukuran yang ada di pasaran.

Menurut Wikipedia, coklat (juga dieja coklat) adalah sebutan untuk makanan kemasan atau minuman yang terbuat dari biji kakao (Theobroma cacao). Cokelat pertama kali dinikmati sebagai minuman oleh masyarakat Mesoamerika kuno, meskipun diperkirakan dulu hanya tersedia untuk bangsawan.

Pada hari libur, coklat biasanya ditawarkan sebagai hadiah atau dalam satu paket. Pada hari valentine coklat digunakan sebagai bentuk kasih atau cinta yang nyata yang diberikan kepada pasangan.

harga coklat batangan

Cokelat sering digunakan untuk mengekspresikan penghargaan, kasih sayang, atau perhatian dan terkadang sebagai ekspresi kasih sayang karena penampilan, pola, dan rasanya yang khas.

Cokelat telah menjadi salah satu varietas paling umum di dunia.

Cokelat digunakan dalam minuman panas dan dingin dan paling banyak disajikan di batang cokelat.

Suku Maya, menurut Kompas, adalah orang pertama yang mengolah biji kakao menjadi minuman cokelat.

Christopher Columbus, selain menemukan benua Amerika, juga menemukan tanaman kakao ini.

Di sisi lain, Herman Cortez adalah penjelajah yang menemukan pentingnya biji kakao.

Dia memperkenalkan biji kakao ke Spanyol setelah disajikan minuman cokelat oleh suku Aztec, dan kemudian dibentuk tidak hanya menjadi gelas tetapi juga menjadi hidangan lain di Eropa.

Menurut artikel yang sama, kakao dan cokelat didistribusikan ke seluruh dunia dari Benua Biru, termasuk Indonesia.

Tanaman kakao pertama kali diperkenalkan ke negara ini pada masa penjajahan Belanda, tepatnya pada tahun 1880.

Belanda membawa kakao Forastero dari Venezuela untuk dibudidayakan di Indonesia pada saat itu.

Salatiga menjadi rumah permanen bagi Penanaman Kakao pada tahun 1901. Asosiasi Perkebunan mendanai lembaga penelitian yang didirikan di sekitar perkebunan kakao ini. Tanaman kakao Djati Roenggo (DR) yang katanya berkualitas tinggi belakangan ditemukan oleh organisasi ini. Anda menerima DR dengan baik di pasar Eropa setelah dibudidayakan, meskipun dengan harga yang relatif tinggi.

Mengenal 8 Jenis Coklat yang Beragam

1. Compound Chocolate

Ini memiliki struktur yang mirip dengan coklat couverture, tetapi alih-alih mentega kakao, ia menggunakan lemak nabati seperti minyak kelapa atau minyak kedelai. Cokelat majemuk memiliki rasa semi-manis atau manis dan lebih mudah digunakan daripada cokelat couverture. Karena cokelat majemuk lebih murah, cokelat ini lebih umum digunakan untuk dekorasi cokelat. Coklat majemuk hitam, coklat susu majemuk, dan coklat putih majemuk adalah tiga jenis coklat majemuk.

2. Kakao

Itu terbuat dari massa kakao yang lemaknya telah dihilangkan. Cokelat ini mudah dibuat dan tidak mahal. Alhasil, Anda akan menemukan cokelat ini di warung-warung dekat rumah Anda.

3. Coklat Tawar

Cokelat sederhana biasanya ditemukan pada kue, biskuit, dan manisan lainnya. Proporsi massa kakao dari cokelat ini berkisar antara 30 hingga 70%. Semakin halus rasa, semakin besar konsentrasi massa kakaonya.

4. Coklat Cair

Cokelat jenis ini merupakan minuman dengan kandungan gula yang banyak dan massa kakao yang banyak. Sayangnya, kandungan gula cokelat leleh dikatakan bisa menambah berat badan dengan cepat.

5. Coklat Bubuk

Cokelat yang beraroma harum, tidak tengik, dan tidak berjamur adalah cokelat bubuk. Bubuk coklat sangat cocok untuk mengeringkan adonan kue karena warnanya yang kental dan memiliki aroma yang pahit.

6. Couverture Chocolate

Di kalangan penikmat cokelat, cokelat ini disebut sebagai “cokelat sejati”. Penjelasannya adalah couverture adalah bentuk coklat asli yang biasanya mengandung lemak coklat dan massa coklat, memiliki rasa pahit, dan lebih mahal. Cokelat ini memiliki rasa “fruity” yang ringan dan mudah meleleh di mulut. Cokelat tidak hanya enak, tapi juga bermanfaat untuk kebugaran tubuh. Sayangnya, cokelat ini sulit disimpan dan ditangani.

7. Coklat Susu

Merupakan salah satu varietas coklat yang paling umum. Gula, kayu manis, cokelat leleh, krim, dan vanila digunakan untuk membuat cokelat jenis ini. Rasanya lebih manis dari coklat biasa, dan massa kakaonya relatif buruk, yaitu 20%.

8. Coklat Putih

Cokelat putih tidak memiliki banyak massa kakao di dalamnya. Brown fat, sugar, dan vanilla membuat jenis ini, yang tidak mengandung coklat padat. Cokelat ini, seperti halnya cokelat majemuk, sering digunakan sebagai hiasan.

Cokelat batangan, bagaimanapun, adalah varian cokelat yang paling umum bagi banyak orang. Permen batangan ini, juga dikenal sebagai bola cokelat, dibuat dari salah satu atau lebih bahan berikut: kakao padat, kue kakao, gula, dan susu. Cokelat hitam, cokelat susu, dan cokelat putih adalah subkategori cokelat batangan berdasarkan masuk atau tidaknya bahan-bahan tersebut.

Cokelat batangan mudah ditemukan, dan banyak tersedia di pasaran. Cokelat batangan hadir dengan berbagai merek yang dapat Anda beli di pengecer tradisional, department store, toko swalayan, apotek, dan bahkan pasar online. Kisaran harga cokelat batangan di pasar domestik terlihat di bawah ini.

Harga Coklat Batangan Oktober 2021

Merk Coklat Batangan Harga
Nesta Choco Chocolate Compound 250 gr Rp10.500
Mercolade Rainbow 165 gr Rp12.000
Mercolade 250 gr Rp13.000 – Rp16.500
Mercolade Green Tea 165 gr Rp17.500
Flamboyant Baking Extra Dark Chocolate 250 gr Rp20.000
Dark 67% Chocolate 45 gr Rp20.000
Asia Baking Chocolate 1 kg Rp22.000
Virgo Coklat Batangan 550 gr Rp23.700
Pasak Bumi Coklat Batangan 100 gr Rp25.000
Colatta Dark Chocolate 500 gr Rp28.000
Tulip Master Baker 500 gr Dark Chocolate Rp30.000
Nesta Chocolate Compound 1 kg Rp34.600
Colatta White Chocolate 500 gr Rp39.000
Pro-Cho 1 kg Rp39.000
RM Dark Chocolate 260 gr Rp39.000
Diamond Milk Chocolate 1 kg Rp50.000
Elmer Rainbow Compound 1 kg Rp53.000
Mercolade Premium Dark Chocolate 1 kg Rp56.000
Colatta Milk Chocolate 1 kg Rp65.000
Tulip White Chocolate 1 kg Rp80.000

Ada peningkatan harga pada banyak merek cokelat batangan dibandingkan tahun lalu. Misal, sebungkus 250 gram coklat Nesta Choco Chocolate Compound seharga Rp. 9.000 kini turun menjadi Rp. 9.750.

Merk lain seperti Mercolade Green Tea yang hadir dalam kemasan 165 gram juga naik harga dari Rp. 13.200 sampai Rp. 17.500.

Sementara harga Elmer Rainbow Compound 1 kg naik drastis dari Rp. 15 ribu sampai dengan Rp. 53 ribu.

Kami mengumpulkan harga cokelat batangan dari berbagai outlet, termasuk toko bahan makanan dan pasar online.

Harga cokelat batangan tidak mengikat dan dapat berbeda dari satu lokasi ke lokasi lain.

Anda akan mendapatkan statistik yang lebih rinci dengan pergi langsung ke toko swalayan kota Anda atau supermarket terdekat.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *