FIX! Mengatasi Transfer Berhasil tapi Uang tidak Masuk Rekening Tujuan

  • Bagikan

Status Transfer Berhasil tapi Uang tidak Masuk?

Pertama, jangan panik! karena banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut terjadi.

Kedua, siapkan MENTAL ANDA, berikut 7 hal yang menyebabkan TRANSFER BERHASIL tetapi uang tidak masuk:

  1. DELAI / PROSES PROPAGANSI
    Biasanya jika anda melakukan transfer antar bank maka akan ada proses delai atau tunggu dalam beberapa menit sampai maksimal 1 jam.
  2. GANGGUAN JARINGAN
    Kasus gangguan jaringan biasanya terjadi apabila dalam cuaca extrim seperti HUJAN dan Mendung Gelap yang akhirnya menggangu jaringan atau sinyal.
  3. SALAH NOMOR REKENING TUJUAN
    Cek kembali mutasi anda, MUTASI = riwayat aktivitas rekening anda. Cek nomor rekening yang baru saja anda transfer apakan sudah benar atau salah, jika salah 1 digit saja maka sudah dipastikan anda kehilangan uang anda.
  4. PENERIMA BERBOHONG
    Nah banyak juga kasus seperti ini yang ternyata karena si PENERIMA uang telah berbohong dan tidak mengaku jika sudah menerima uangnya, cara memastikannya anda harus mengunjungi pihak bank terkait dan menanyuakan kepada customer service mengenai transaksi transfer yang baru anda lakukan.
  5. PENERIMA BELUM MENGECEK REKENING 
    Jika hal ini penyebabnya maka anda harus bersabar sampai penerima mengecek rekeningnya. Dan usahakan tidak mis komunikasi.
  6. BUKTI TRANFER PALSU
    Hati-hati juga karena tidak jarang pengirim uang juga melakukan kecurangan dengan mengirimkan bukti transfer palsu yang sangat mirip dengan aslinya, seolah-olah telah melakukan transfer dengan menunjukkan bukti transfer, padalah sebetulnya tidak. Ujung-ujungnya penipuan seperti ini minta uangnya dikembalikan. Jangan mau jika demikian dan anda sebagai pemilik rekening seharusnya tau saldo akhir anda sebelum di transfer oleh orang lain.
  7. MATI LISTRIK di MESIN ATM
    “Pas proses trnasfer selesai, tiba-tiba listrik mati ATM tidak keluar” Kejadian ini juga bisa membuat transfer menjadi terhambat, namun jika dilayar tertulis berhasil maka tinggal menunggu 1-2 jam dan uang akan segera masuk kerekening tujuan.

 

Pengiriman uang atau TRANSFER adalah layanan perbankan standar yang paling sering digunakan oleh para pelanggan.

Namun, layanan berbasis teknologi tidak selalu beroperasi dengan mulus, dan masalah dapat muncul di tengah proses.

Para ahli, di sisi lain, akan memperbaiki masalah serupa.

Transfer uang sering kali menjadi sumber frustrasi bagi konsumen tertentu, bervariasi dari transfer yang gagal hingga transfer aktif di mana dana tidak mencapai rekening yang dituju.

Pelanggan cenderung menjadi cemas dan bingung karena hal ini, terutama jika jumlah yang ditransfer sangat banyak.

Jadi, bagaimana dengan uang saya? Saya mengalami kejadian serupa? Apakah mungkin untuk kembali?

Hampir semua bank, termasuk BRI, BNI, BCA, Mandiri, dan lain-lain, telah mengalami hal tersebut. Namun, masalah khusus jarang terjadi, dan jangan khawatir; masalah apapun punya solusinya.

 

Jika Anda mengalami masalah transfer berhasil tapi uang tidak masuk dengan layanan perbankan Anda, Anda harus:

Anda dapat melakukan beberapa opsi untuk mendapatkan uang yang Anda transfer, atau uang tersebut sampai di rekening tujuan jika pembayarannya masuk akal, tetapi uangnya tidak masuk.

Namun, pastikan Anda memiliki bukti kuat sebelum mengajukan komplain kepada pihak bank.

Karena orang yang ceroboh mungkin tidak ingin merusak bank, Anda perlu mengumpulkan informasi berikut:

  1. bukti transfer (anda transfer menggunakan apa).
  2. nomor rekening asal dan nomor rekening tujuan.
  3. berapa nominal yang di transfer
  4. jam berapa transaksi dilakukan.
  5. transfer melalui apa (sms banking, atm atau internet banking).

Saat mentransfer uang antar bank, seperti dari BNI ke BNI, pengujiannya mudah, tetapi saat mentransfer antar bank terpisah, Anda harus memeriksa semua bank.

Mereka tidak tahu bank mana yang bermasalah, apakah bank pengirim atau penerima.

Bagaimana Memecahkan Masalah Transfer yang Berhasil tetapi Tidak Ada Uang

Akibatnya, langkah pertama dalam menyelesaikan masalah tertentu adalah untuk Anda, sebagai pengirim, memeriksa dengan bank yang Anda gunakan.

Apabila Anda melakukan transfer dari bank BNI, hubungi BNI, apakah Anda pindah dari bank BRI, dapatkan BRI, dan lain sebagainya sebelum Anda mendapat tanggapan apakah bank Anda mengalami gangguan atau bank penerima mengalami gangguan.

Jika bank mengalami masalah, bank akan memperbaiki masalah tersebut. Bank pengirim akan meninjau catatan aktivitas konsumen, seperti bukti yang telah Anda terima, dan kemudian kembali ke penerima atau mengembalikan uang ke rekening pengirim.

Namun, jika bank memberi tahu Anda bahwa transfer telah berhasil diselesaikan, tetapi saldo belum masuk, penerima harus melaporkan kepada bank terkait bahwa ia telah memperoleh transfer dari pengirim A dengan bank A belum masuk.

Selanjutnya bank penerima akan mereview detail transaksi konsumen. Jika ada masalah, maka akan tertangani secara otomatis, dan dana akan segera ditransfer dan disetorkan ke rekening penerima.

Ini adalah detail yang akan kami miliki tentang transaksi uang, tetapi saldonya tidak masuk, dan saldo akun telah berkurang. Semoga pengetahuan ini bermanfaat bagi Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *