Emas  

8 Tips Mudah Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu

cara cek ems asli

Apakah Anda ingin mengetahui apakah emas Anda asli? Mari kita lihat perbedaan antara emas asli dan palsu.

Logam mulia adalah pilihan investasi yang populer di kalangan masyarakat umum. Hal ini karena harga jual biasanya konsisten dan tidak berubah-ubah. Sayangnya, pemalsuan perhiasan adalah kejadian umum. Untuk mencegahnya, Anda harus bisa membedakan emas asli dan palsu.

Dalam esai ini, saya akan menjelaskan perbedaannya dan menunjukkan kepada Anda bagaimana membedakan antara emas asli dan emas imitasi dengan tangan atau dengan membakarnya. Mari lihat apa yang terjadi!

Apa Perbedaan Emas Asli dan Palsu?

Sebelum kita masuk ke cara membedakan antara emas asli dan emas imitasi, penting untuk memahami perbedaan antara keduanya.

  1. Warna Emas Asli dan Palsu
    Warna adalah perbedaan pertama. Warna asli biasanya berwarna kuning cerah. Di sisi lain, emas palsu biasanya terbuat dari kuningan dan memiliki penampilan yang kurang cerah terlihat kusam dan gelap.
  2. Reaksi Terhadap Asam
    Ketika emas asli dicelupkan ke dalam asam, ia tidak bereaksi. Namun, emas palsu seringkali menghasilkan gelembung-gelembung kecil.
  3. Bunyi
    Saat Anda mengetuk emas asli dengan koin, biasanya akan menghasilkan dentang yang panjang dan bernada tinggi. Ini berbeda dengan logam lain, yang memiliki suara lebih pendek.
  4. Harga
    Harga emas asli tentu lebih mahal dari emas palsu, namun untuk mengelabui pembeli, tidak jarang harga emas imitasi disamakan dengan emas asli, jadi dari sisi harga anda akan sulit membedakannya.

Tips 8 Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu

Setelah Anda mempelajari perbedaan penting antara keduanya, berikut ini cara membedakan antara emas asli dan emas imitasi.

  1. Lihat Fisik Emas
    Jika Anda sering membeli emas, Anda mungkin sudah familiar dengan sifat fisiknya. Rona logam berharga ini biasanya kuning mengkilat. Selain itu, ada tanda berbentuk stempel yang menunjukkan tingkatannya. Emas biasanya dinilai menggunakan satuan kehalusan, yang berkisar antara 1-999 atau 0,1-0,999. Selain itu, unit karat seperti 10k, 18k, dan 24k digunakan.
  2. Cek Sertifikat Emas
    Sederhana dan cepat untuk membedakan antara emas asli dan emas imitasi dalam kasus ini. Untuk memulai, paparkan sertifikat ke sinar ultraviolet. Kemudian lihat bagaimana rona berubah. Kemungkinan besar itu adalah emas asli jika kertasnya berisi garis-garis yang jelas seperti balok hijau dan tanda air dari perusahaan percetakan sertifikat.
  3. Digigit
    Menggigit emas asli dan palsu adalah teknik yang baik untuk membedakannya. Karena logam berharga ini rapuh, cari bekas gigitan untuk memastikan keasliannya. Jika Anda menemukannya, perhiasan Anda hampir pasti asli.
  4. Menggoreskan pada Keramik
    Prosedur pemeriksaan berikut harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak merusak permukaan perhiasan. Emas asli tidak akan meninggalkan jejak pada porselen. Namun, garis-garis hitam menunjukkan bahwa logam mulia itu palsu.
  5. Meneteskan Asam Nitrat
    Yang satu ini, menuangkan larutan asam nitrat di atas permukaan emas untuk membedakan emas asli dari emas palsu adalah akurat tetapi juga berbahaya untuk pernapasan. Jika warnanya tidak berubah, logam mulia itu nyata; meskipun demikian, zat yang sebenarnya adalah besi jika warnanya berubah menjadi hijau. Demikian pula, jika permukaannya menjadi kuning dan putih susu, perhiasan Anda kemungkinan terdiri dari kuningan dan perak.
  6. Dekatkan dengan Magnet
    Karena logam mulia ini bersifat non-magnetik, maka tidak akan ada respon jika didekatkan dengan magnet. Namun, karena banyak logam non-magnetik lainnya sering digunakan sebagai bahan untuk menirunya, prosedur ini tidak menjamin validitasnya.
  7. Menggunakan Aplikasi CertiEye
    Jika perhiasan Anda berasal dari Antam, dengan memanfaatkan program khusus CertiEye dari perusahaan, Anda dapat mengidentifikasi perbedaan antara emas asli dan emas palsu. Yang harus Anda lakukan sekarang adalah mengunduh aplikasi dan memindai em>barcode/em> emas. Temuan pemindaian akan mengungkapkan legitimasi logam mulia itu.
  8. Mengecek Kepadatan Emas
    Cukup mudah untuk membedakan emas asli dan emas imitasi yang satu ini. Isi setengah gelas ukur dengan air, masukkan perhiasan ke dalamnya, dan perhatikan volume air yang berubah. Bagilah massa dengan volume yang Anda temukan untuk mendapatkan kerapatan emas. Anda dapat menentukan bahwa logam mulia itu nyata jika hasilnya mendekati 19 gram per milimeter. Hasilnya cukup presisi, meskipun diperlukan akurasi ekstra.
  9. Membakar Permukaan Emas
    Membakar bukanlah cara yang baik untuk membedakan antara emas asli dan emas imitasi karena dapat merusak permukaan emas. Jika Anda bersikeras untuk mencoba, perhatikan warna permukaannya. Anda dapat menentukan bahwa perhiasan itu tidak murni atau palsu jika menjadi hitam. Ketika emas yang sebenarnya dibakar, tidak meninggalkan bekas hangus. Namun, jika perhiasan Anda adalah campuran, memeriksanya dengan cara ini dapat menyebabkannya rusak, sehingga menurunkan harga jual.

Itulah penjelasan tentang cara membedakan emas asli dan emas imitasi yang bisa Anda capai di rumah. Jangan lengah, bahkan jika itu menguntungkan. Ya, Anda harus waspada dan berhati-hati saat membeli logam mulia.